Selamat Datang! di Cafebahasa dan Edukasi Blog Informasi dan Tutorial Pendidikan. Kirim artikel Anda untuk diposting

Rabu, 18 Januari 2012

Fungsi Kepemimpinan


 Fungsi Kepemimpinan

Dalam kehidupan organisasi, fungsi kepemimpinan adalah bagian dari tugas utama yang harus dilaksankan. Ada beberapa definisi tentang pemimpin, antara lain:[1]
a.    “Leaders are persons other want to follow. Leaders are the ones who command the trust and loyalty of followers-the great persons who capture the imagination and admiration of those with whom they deal ...”

b.    “.... She is a leader in the sense that she is able to communicate ideas of other in such away as to influencer their behavior to reach some goals ...”
Definisi tersebut adalah serangkaian tugas yang perlu dilaksanakan oleh seorang pemimpin adalah:
  1. membangkitkan kepercayaan dan loyalitas bawahan;
  2. mengkomunikasikan gagasan kepada orang lain;
  3. dengan berbagai cara mempengaruhi orang lain;
  4. seorang pemimpin adalah seorang besar yang dikagumi dan mempesona dan dibanggakan oleh para bawahan.
Ada beberapa hal atau nilai-nilai penting dalam kemimpinan dan bawahan, yaitu: bawahan dalam proses hubungan antar pemimpin dengan bawahan terjadi suatu hubungan antara pengaruh dan kewibawaan yang diberikan secara tidak merata pada suatu landasan yang legitimatif.
Kewibawaan diperoleh pemimpin dengan kesepakatan anggota kelompok atau dengan undang-undang dan yang perlu dilaksanakan bawahan; tidak ada pemimpin yang terisolasi, berdiri sendiri. Kepemimpinan akan terbentuk apabila ada hubungan antara yang memimpin dengan yang dipimpin; sifat dinimas kempimpinan meliputi; pimpinan, bawahan, dan situasi yang spesifik; kepemimpinan tidak bisa dipelajari di dalam satu kevakuman, melainkan harus dipelajari dalam kerangka kelompok; kepemimpinan adalah hasil daripada pertukaran antara bawahan dan pemimpin dan yang membawa kepuasan bagi kedua belah pihak. Fungsi atau serangkaian tugas-tugas dari seorang pemimpin atau lazim disebut fungsi pemimpin menurut pendapat dari kedua pakar, adalah sebagai berikut.[2]

a. James A.F. Stoner (Management, 1982)
Agar kelompok dapat beroperasi secara efektif, seorang pemimpin atau lazim disebut fungsi pemimpin menurut pendapat dari kedua pakar, adalah sebagai berikut.
task related atau problem solving function, dalam fungsi ini pemimpin memberikan saran dalam pemecahan masalah serta memberikan sumbangan informasi dan pendapat; group maintenance function atau social function meliputi pemimpin membantu kelompok beroperaso lebih lancar, pemimpin memberikan persetujuan atau melengkapi anggota kelompok yang lain, misalnya menjembatani kelompok yang sedang bermasalah. Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang pemimpin yang mampu menampilkan kedua fungsi tersebut dengan jelas.



[1] Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Grafindo, hal. 39
[2] Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Grafindo, hal. 41.

1 komentar:

  1. Habanero Peppers - The kirill jackpot at the South Korean
    The Habanero Peppers kirill-kondrashin in South Korea. This is a small hot variety of the habanero or chile pepper species. You generally get five to 10 카지노 사이트 times hotter than $2.50 · ‎In stock

    BalasHapus