Oleh: Drs. Larlen, M.Pd
Staf Pengajar PBS FKIP Universitas Jambi
Secara moral, perkembangan ilmu pengetauan dan tekonologi
harus mengacu pada perkembangan dan peradaban manusia saat ini. Kemajuan
teknologi yang benar adalah dapat menjadikan manusia semakin maju dalam
hidupnya dan semakin menjadi manusia yang bernilai. Peran teknologi terhadap
perkembangan pendidikan saat ini cukup besar terutama dalam rangka meningkatkan
kualitas pendidikan. Pendidikan tanpa teknologi tentunya hambar. Kemajuan
pengetahuan dan teknologi yang semakin luas dalam dunia pendidikan harus disikapi
dengan baik dan tepat. Hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sering
kali membawa dampak yang negatif, baik bagi kehidupan manusia itu sendiri,
masyarakat, dan lingkungannya.
Dengan dukungan teknologi, perkembangan ilmu dan
pengetahuan saat ini semakin pesat, terutama dalam rangka meningkatkan
pembelajaran. Kehidupan manusia dalam dunia pendidikan semakin dipermudah
terutama dalam mengakses informasi. Selain itu perkembangan teknologi juga
dapat dijadikan sebagai langkah untuk membantu menyelesaikan masalah.
Pendidikan yang baik harus menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.
Apalagi dalam kondisi saat ini, pembelajaran menggunakan teknologi haruslah
dapat menjadikan siswa sadar dan kritis. Teknologi dan pendidikan diharapkan
harus menghasilkan siswa yang memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan ke
depan.
Zaman yang ditandai dengan meluasnya penggunaan hasil
teknologi yang canggih, misalnya internet. Dalam eksplorasi melalui internet,
hampir semua informasi dapat diperoleh oleh siapa saja, kapan saja, di mana
saja. Maka dari itu, saat ini merupakan saat yang tepat untuk mengaplikasikan
tekonologi atau pembelajaran menggunakan teknologi. Mengapa? Teknologi dalam
hal ini internet merupakan kamus elektronik. Dalam waktu yang sekian detik sudah
dapat menyajika informasi yang diharapkan atau dicari. Dalam dunia pendidikan
internet sudah dimanfaatkan sebagai sumber belajar secara elektronik. Banyak
hal yang dapat diakses di internet dalam rangka meningkatkan kecerdasan peserta
didik. Karena internet dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tentang
pengetahuan, hasil penelitian yang baru dan berbagai metode penelitian atau
pembelajaran yang baru. Selain itu internet juga merupakan sarana untuk
mengukomunikasikan berbagai ide ke segala penjuru.
Agar pembelajaran menggunakan tekonologi bisa berjalan
dengan arah yang baik, tentunya siswa harus diarahkan pada penguasaan konsep
yang baik. Mengapa? Penelusuran melalui internet tanpa arahan yang baik kepada
siswa dapat menyebabkan siswa jatuh pada kebiasaan mencari informasi yang
kurang baik, yang berbau hiburan murahan semata. Untuk itu pendidik atau guru
harus mengarahkan siswa pada hal-hal yang baik sehingga penggunaan teknologi
dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan pendidikan dapat tercapai dengan
baik.
Untuk mewujudkan pendidikan berbasiskan teknologi
internet dalam pembelajaran beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu; (a)
informasi yang tersedia dapat dipilih dan digunakan oleh guru untuk memperoleh
informasi perihal pengetahuan dan perkembangan secara baik untuk dijadikan
metode pembelajaran yang maju dan untuk melakukan inovasi yang baru, (b) siswa
dapat memperoleh informasi perihal dan pengetahuan dan perkembangannya saat ini
sesuai bidang yang dipelajarinya, (c) guru dan siswa dapat memanfaatkan
internet sebagai media komunikasi antarsiswa dan guru dalam berbagai kelompok
dan diskusi yang bernuansa akademik.
Guna menunjang pendidikan berbasisikan teknologi haruslah
melihat dan mempelajari perkembangan globalisasi yang ada. Mengapa? Karena
globalisasi telah menciptkan dunia yang terbuka. Dalam artian dengan adanya
globalisasi dan teknologi perkembangan pesat apapun dapat diakses, maka
berbagai persoalan yang menyangkut perkembangan penduduk, hak asasi manusia,
pendidikan, pengetahuan, kedokteran, sastra dapat diperoleh kapan saja dan
dimana saja. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah
memfungsikan dirinya sebagai penyedia informasi yang luas. Dengan demikian, ada
banyak sumber informasi (sumber belajar) yang diperoleh siswa menggunakan
sarana teknologi. Sekolah tidak lagi menjadi satu-satunya tempat untuk
belajar saja, melaikan pendidikan disekolah harus diselaraskan dengan
berupaya sedemikian rupa sehingga hasilnya dapat menjadi dasar bagi siswa
untuk mengembangkan diri di luar sekolah. Maka dari itu, mengutip pendapat Paul
Suparno “pendidikan di sekolah harus berorentasi pada peningkatan kemampuan
siswa untuk dapat menentukan dirinya yang mampu membuat banyak pilihan serta
mampu membuat keputusan terbaik yang selaras dengan pengembagannya dirinya”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar