Selamat Datang! di Cafebahasa dan Edukasi Blog Informasi dan Tutorial Pendidikan. Kirim artikel Anda untuk diposting

Selasa, 05 Maret 2013

Teknologi dan Pendidikan


Oleh: Drs. Larlen, M.Pd
Staf Pengajar PBS FKIP Universitas Jambi

Secara moral, perkembangan ilmu pengetauan dan tekonologi harus mengacu pada perkembangan dan peradaban manusia saat ini. Kemajuan teknologi yang benar adalah dapat menjadikan manusia semakin maju dalam hidupnya dan semakin menjadi manusia yang bernilai. Peran teknologi terhadap perkembangan pendidikan saat ini cukup besar terutama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan tanpa teknologi tentunya hambar. Kemajuan pengetahuan dan teknologi yang semakin luas dalam dunia pendidikan harus disikapi dengan baik dan tepat. Hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sering kali membawa dampak yang negatif, baik bagi kehidupan manusia itu sendiri, masyarakat, dan lingkungannya.

Dengan dukungan teknologi, perkembangan ilmu dan pengetahuan saat ini semakin pesat, terutama dalam rangka meningkatkan pembelajaran. Kehidupan manusia dalam dunia pendidikan semakin dipermudah terutama dalam mengakses informasi. Selain itu perkembangan teknologi juga dapat dijadikan sebagai langkah untuk membantu menyelesaikan masalah. Pendidikan yang baik harus menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Apalagi dalam kondisi saat ini, pembelajaran menggunakan teknologi haruslah dapat menjadikan siswa sadar dan kritis. Teknologi dan pendidikan diharapkan harus menghasilkan siswa yang memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan ke depan.
Zaman yang ditandai dengan meluasnya penggunaan hasil teknologi yang canggih, misalnya internet. Dalam eksplorasi melalui internet, hampir semua informasi dapat diperoleh oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja. Maka dari itu, saat ini merupakan saat yang tepat untuk mengaplikasikan tekonologi atau pembelajaran menggunakan teknologi. Mengapa? Teknologi dalam hal ini internet merupakan kamus elektronik. Dalam waktu yang sekian detik sudah dapat menyajika informasi yang diharapkan atau dicari. Dalam dunia pendidikan internet sudah dimanfaatkan sebagai sumber belajar secara elektronik. Banyak hal yang dapat diakses di internet dalam rangka meningkatkan kecerdasan peserta didik. Karena internet dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan, hasil penelitian yang baru dan berbagai metode penelitian atau pembelajaran yang baru. Selain itu internet juga merupakan sarana untuk mengukomunikasikan berbagai ide ke segala penjuru.
Agar pembelajaran menggunakan tekonologi bisa berjalan dengan arah yang baik, tentunya siswa harus diarahkan pada penguasaan konsep yang baik. Mengapa? Penelusuran melalui internet tanpa arahan yang baik kepada siswa dapat menyebabkan siswa jatuh pada kebiasaan mencari informasi yang kurang baik, yang berbau hiburan murahan semata. Untuk itu pendidik atau guru harus mengarahkan siswa pada hal-hal yang baik sehingga penggunaan teknologi dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan pendidikan dapat tercapai dengan baik.
Untuk mewujudkan pendidikan berbasiskan teknologi internet dalam pembelajaran beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu; (a) informasi yang tersedia dapat dipilih dan digunakan oleh guru untuk memperoleh informasi perihal pengetahuan dan perkembangan secara baik untuk dijadikan metode pembelajaran yang maju dan untuk melakukan inovasi yang baru, (b) siswa dapat memperoleh informasi perihal dan pengetahuan dan perkembangannya saat ini sesuai bidang yang dipelajarinya, (c) guru dan siswa dapat memanfaatkan internet sebagai media komunikasi antarsiswa dan guru dalam berbagai kelompok dan diskusi yang bernuansa akademik.
Guna menunjang pendidikan berbasisikan teknologi haruslah melihat dan mempelajari perkembangan globalisasi yang ada. Mengapa? Karena globalisasi telah menciptkan dunia yang terbuka. Dalam artian dengan adanya globalisasi dan teknologi perkembangan pesat apapun dapat diakses, maka berbagai persoalan yang menyangkut perkembangan penduduk, hak asasi manusia, pendidikan, pengetahuan, kedokteran, sastra dapat diperoleh kapan saja dan dimana saja.  Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah memfungsikan dirinya sebagai penyedia informasi yang luas. Dengan demikian, ada banyak sumber informasi (sumber belajar) yang diperoleh siswa menggunakan sarana teknologi. Sekolah tidak lagi menjadi satu-satunya  tempat untuk belajar saja, melaikan pendidikan disekolah harus diselaraskan dengan berupaya  sedemikian rupa sehingga hasilnya dapat menjadi dasar bagi siswa untuk mengembangkan diri di luar sekolah. Maka dari itu, mengutip pendapat Paul Suparno “pendidikan di sekolah harus berorentasi pada peningkatan kemampuan siswa untuk dapat menentukan dirinya yang mampu membuat banyak pilihan serta mampu membuat keputusan terbaik yang selaras dengan pengembagannya dirinya”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar